BAB VI PERANAN DAN DAMPAK ILMU ALAMIAN DAN TEKNOLOGI

Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science), merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang essensial saja. Ilmu Alamiah merupakan kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis, Artinya, kegiatan manusia yang tidak ada hentinya, dari hasil percobaan akan menghasilkan konsep selanjutnya konsep tersebut mendorong dilakukannya percobaan berikutnya dan seterusnya.

  1. Peranan Ilmu alamiah dan Teknologi

            Dalam kehidupan ilmu alamiah dan teknologi sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari, dalam berbagai bidang, misalnya ilmu kedokteran dan ilmu farmasi (Obat-Obatan) merupakan cabang dari biologi sebagai ilmu terapan, Pakaian, jam tangan, pensil atau pulpen yang kita pakai sehari-hari adalah hasil dari teknologi. Peranan ilmu alamiah dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa yang berperan dalam kehidupan antara lain : Energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan mteri dari suatu tempat ke tempat yang lain, energi terdapat dalam berbagai bentuk, misalnya energi panas, energi cahaya, energi gerak, energi listrik, energi kimia dan sebagainya.

Macam-macam bentuk energi :

1. Energi Panas

Energi panas atau kalor adalah energi yang berasal dari panas yang terjadi dari sinar energi matahari atau berasal dari nyala api.  Energi panas dapat menyebabkan benda memuai, mencair, mengupa atau terbakar.

2. Energi Gerak (kinetik)

Energi gerak atau kinetik adalah energi yang dimiliki benda untuk bergerak.  Contohnya air yang mengalir dan angin yang bertiup, kibcir angin.

3. Energi Cahaya

Energi cahaya adalah energi yang ditimbulkan oleh cahaya.  Contohnya cahaya matahari yang dikumpulkan lewat lensa cembung dapat memanaskan kertas sampai terbakar.

4. Energi Bunyi

Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh bunyi atau suara.  Contohnya bunyi bom, bunyi halilintar, dan bunyi petasan.

5. Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda.  Contohnya energi yang terdapat dalam katapel, per atau busur panah yang terenggang.

6. Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam senyawa-senyawa kimia.  Contohnya aki, baterai, dinamo.

7. . Energi listrik

Energi listrik adalah energi yang tersimpan dalam benda yang bermuatan listrik. Energi yang dihasilkan oleh arus listrik mampu menjalankan motor listrik. Contohnya lampu listrik, kipas angin, seterika listrik, dan pompa air listrik.

Manfaat yang besar dari teknologi bagi kehidupan kita diantaranya telekomunikasi yang sangat mudah diakses di jaman sekarang diantaranya smartphone yang telah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, karena lebih mudah mengakses internet dan lebih mudah berkomunikasi dengan siapapun.

1.      Dampak Positif

Perkembangan dan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru sehingga sumber daya manusia dapat berperan, baik tenaga maupun pikiran. Perkembangan dan teknologi mempunyai dampak positif, yaitu terpenuhinya kebutuhan manusia akan kemakmuran materi, kemudahan serta keefektifan dan keefisienan dalam mendayagunakan sumber daya alam. Manusia dapat mengubah sistem transformasi dan komunikasi sehingga menimbulkan kemudahan dengan menggunakan tenaga dan pikirannya atau dengan kata lain akan dapat menciptakan lapangan kerja baru.

2.      Dampak Negatif

Pemanfaatan perkembangan dan teknologi yang tidak atau kurang tepat bagi kondisi masyarakat, tidak akan menambah lapangan pekerjaan, tetapi justru sebaliknya dapat mempersempit lapangan pekerjaan. Hal ini terjadi karena efektivitas dan efisiensi sistem dalam teknologi baru, misalnya banyak pekerjaan yang mula-mula menjadi tugas manusia kemudian diganti oleh mesin. Di negara-negara berkembang, masuknya teknologi baru menimbulkan masalah di bidang ketenagakerjaan, karena kuantitatif sumber daya manusia cukup besar bahkan dapat berlebihan, tetapi secara kualitatif dirasakan sangat kurang terutama untuk menangani teknologi tinggi.

Kesimpulan : Ilmu Alamiah dan Teknologi sangat penting dan memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia sehari-hari walaupun memiliki dampak positif maupun negative. Dan kita sebagai manusia yang menggunakannya harus tau bagaimana mengelolanya dengan baik agar tidak menyalah gunakannyadan tidak terjadi dampak yang tidak diinginkan kedepannya.

 

sumber : http://irmawasnifitriani19.wordpress.com/2012/12/31/peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah-dasar-teknologi/

http://moegrafis.blogspot.com/2011/05/peranan-dan-dampak-ilmu-alamiah-dan.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s