BAB VII ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI MASA DEPAN SEHUBUNGAN DENGAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA

Era sekarang ini disebut juga era informasi, namun sesungguhnya dibalik pernyataan ini terkandung pengertian mengenai era ilmu pengetahuan dan teknologi yang mungkin membuat semua pencapaian material dan non-material disekitar kita.

Kita ketahui bahwa sebagian besar kehidupan manusia tergantung pada teknologi. Perkembangan IPTEK memang mempermudah pekerjaan manusia. Pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik kini telah dimudahkan oleh kecanggihan teknologi. Kemajuan teknologi benar-benar telah kita rasakan dapat memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

Namun, semakin bertambahnya hari dan semakin berkembangnya teknologi, menimbulkan suatu kekhawatiran bahwa sumber daya alam yang digunakan untuk menjalankan teknologi itu semakin lama akan semakin habis. Padahal kelangsungan kehidupan umat manusia sangat tergantung pada teknologi. Sekarang ini para pakar teknologi mulai memikirkan sumber daya alam alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan teknologi yang semakin canggih. Sumber daya alam alternatif ini cukup banyak, diantaranya energi matahari, energi panas bumi, energi angin, energi pasang surut, energi biogas, dan energi biomassa. Energi-energi tersebut dianggap dapat menggantikan peran sumber daya alam yang berasal dari fosil (seperti minyak bumi, gas bumi, dan batubara).

Ilmu yang sering dipakai atau sering kita gunakan dalam hal ini adalah ilmu alamiah dasar yang mempunyai definisi sebagai ilmu yang mempelajari tentang alam, sumber daya alam, potensi dan kekayaan yang ada di alam atau bumi kita, serta bagaimana cara kita memanfaatkan,mengolah, juga melestarikan semua sumber daya alam dan potensi tersebut.

Juga tidak kalah pentingnya dengan tekhnologi yang berkembang, seperti penggunaan mesin, alat-alat canggih, komputer, robot, dan masih banyak lagi tekhnologi canggih lainnya. Dengan adanya ilmu alamiah dasar dan tekhnologi tersebut, kelangsungan hidup manusia bisa mencapai pada tingkat yang dapat disebut modern seperti sekarang ini.Dan semakin maju serta berkembangnya jaman, manusia pun juga akan bergantung kepada ilmu dan tekhnologi yang ada.

a.Bidang Industri

Dalam bidang industri, kemajuan teknologi telah menciptakan mesin-mesin modern yang dapat mempermudah produksi. Sehingga dapat menaikkan kuantitas suatu produksi.misalnya, penggunaan teknologi yang maju untuk pengolahan minyak kelapa sawit akan dapat memperoleh hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan cara tradisional. Disamping itu kemajuan teknologi juga dapat menaikkan kualitas atau mutu produksi. Misalnya, pengolahan minyak bumi,yang semula kita mengenal bensin, sekarang kita mengenal premium, dimana premium dikatakan lebih baik daripada bensin karena mempunyai nilai oktan yang lebih tinggi sehingga tidak mudah atau cepat merusak alat atau mesin yang mengunakan bahan bakar tersebut.

b.Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran. Sehingga berbagai masalah dibidang kedokteran dapat dipecahkan, Misalnya,dengan bantuan masin sinar X dokter dapat mendiagnosa penyakit apa yang diderita oleh pasiennya, sehingga dokter dapat memberikan obat yang sesuai. Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga telah meningkatkan kemajuan obat-obatan dan mempermudah pemberantasan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, cacing, jamur dan virus.

c.Bidang Transportasi dan Komunikasi

Perkembangan teknologi telah dapat mengubah sistem transportasi dan komunikasi dalam kehidupan manusia. Banyak kemudahan yang bisa dinikmati, bahkan seakan-akan menyebabkan dunia menjadi lebih sempit atau menjadi semakin kecil. Sebelum adanya teknologi, transportasi darat dilakukan dengan jalan kaki, berkuda, kereta lembu, kereta kuda, unta untuk dipadang pasir. Dilaut dengan kapal layar, sedangkan udara belum dikenal alat transportasi. Akan tetapi, setelah perkembangan teknologi orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi yang lebih canggih, misalnya, sepeda motor, mobil, kereta api, pesawat dan sebagainya.
Demikian pula dalam bidang komunikasi perkembangan teknologi telah menghasilkan alat-alat komunikasi yang semakin canggih dan mempermudah komunikasi manusia. misalnya, radio, televisi,handphone,Internet, dan sebagainya.

Usaha manusia untuk mencari energi pengganti minyak bumi seperti yang baru diuraikan diatas hanyalah merupakan salah satu alterntif bagi manusia untuk dapat mempertahankan eksistensinya di muka bumi.

Masalah lain yang sangat vital adalah masalah penggunaan teknologi maju yang baru saja di bahas dalam bab di muka,yaitu penggunaan energi nuklir yang maha dasyat itu. Keuntunganya sangat besar, tetapi bahaya nuklir terutama dari bom atom maupun bomk hidrogen yang dapat memusnahkan manusia beserta isi permukaan bumi ini bukanya di hapuskan,tetapi justru terjadi perlombaan.

Sebaliknya, dengan teknologi maju orang bisa terus berusaha mengadakan eksplorasi ke antariksa, mencari kemungkinan dapat melakukan migrasi ke planet lain. Namun, sepanjang penyelidikan yang ada, kemungkinan itu sangat kecil bila di bandingkan dengan dugaa-dugaan semula.

Kesimpulan :

Segala sumber daya alam yang ada dimuka bumi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, kita sebagai manusia harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dengan menggunakan teknologi yang ada dan fasilitas-fasilitas yang ada, tidak hanya memanfaatkannya kita juga harus bisa menjaga dengan baik sumber daya alam tersebut demi kelangsungan hidup kita kini dan nanti di masa depan untuk kita dan anak cucu kita nanti.

sumber : http://imyirene.blogspot.com/2012/11/bab7-ilmu-alamiah-dan-teknologi-masa.html

http://noviaindahnaraswaty.blogspot.com/2012/12/ilmu-alamiah-dasar-dan-teknologi-masa.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s