Tugas 1 : Psikologi Manajemen Analisis Perusahaan

Analisis Perusahaan JNE
Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Dibawah nama resmi yang berlabel  Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan pengiriman terbesar di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 26 November 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir oleh Soeprapto Suparno. Pada awal berdirinya, perusahaan ini didirikan sebagai perintis salah satu divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi). Tiki sendiri merupakan perusahaan pengiriman internasional.

Beberapa unit kegiatan yang dilakukan oleh JNE antara lain urusan kepabeaan, impor barang, dokumen serta pengantaran. Tak hanya melayani pangsa pasar domestik saja, JNE juga melayani urusan pengantaran barang dan dokumen dari luar negeri untuk masuk ke Indonesia.
Nilai-nilai dasar yang dianut JNE adalah jujur, adil, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan visioner. Sedangkan filosofinya yaitu efektif, efisien, fleksibel, dan seimbang.
Tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermarkas di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.
Pengembangan produk dan layanan yang berbeda di JNE antara lain menyediakan jasa kurir, logistic, money remittance hingga jasa kargo. Sebagai sister company dengan TIKI, secara etika bisnis, JNE menghadapi kesulitan tidak boleh beradu harga dan layanan dengan TIKI. Namun, ternyata industri pengiriman berkembang dan pasarnya ikut membesar sehingga JNE tidak perlu berebut pasar. Perlahan-lahan JNE menemukan banyak layanan baru yang tidak terpikir sebelumnya. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan bisnis JNE semakin baik, bahkan di atas rata-rata pertumbuhan industri. Industri sendiri bertumbuh hanya sebesar 10% – 15%, namun bisnis JNE tumbuh hingga 20% tiap tahunnya. Resep keberhasilan JNE adalah tidak mau menunggu konsumen. Lebih baik, JNE menjemput bola. Kurir JNE langsung menjemput barang ke rumah konsumen yang ingin mengirimkan barang. Hanya dengan menelepon, kurir pasti datang ke rumah.
JNE berkomitmen memberikan layanan yang terbaik. Standar JNE, kalau sampai perusahaan asuransi tidak membayar klaim sesuai hari yang ditentukan, JNE bersedia menggantikan dengan membayar klaim konsumen. Bagi JNE, barang sampai tujuan pelanggan adalah harga mati. Selain itu, sebanyak 170 titik jaringan yang sudah online. Ini memudahkan JNE dan pelanggan untuk mengawasi pengiriman barang. Satu lagi layanan inovatif dari JNE, Pesona. Pesona adalah pesanan oleh-oleh Nusantara. Setiap orang bisa saling mengirimkan makanan khas daerah tertentu ke sanak keluarga di daerah lain. Contoh, mau kasih oleh-oleh kerupuk bangka ke keluarga di Jakarta. Anda cukup telepon JNE dan JNE akan carikan toko kerupuk yang terkenal di Bangka dan segera dikirimkan. Bahkan, es krimpun bisa dikirimkan melalui JNE.
Tidak sampai di situ, JNE banyak melakukan inovasi-inovasi unggul lainnya. JNE sekarang membuka bisnis baru yakni trucking. Ini adalah layanan pengiriman barang-barang kebutuhan pokok. Layanan trucking ini dilengkapi dengan GPS agar terpantau. JNE juga bekerjasama dengan perusahaan pengiriman barang, UPS. Konsumen bisa mengirimkan barang ke luar negeri lewat UPS ini. Rencana selanjutnya, JNE berencana terjun ke bisnis surat-menyurat di bawah 500 gram. Bisnis yang sebelumnya dimonopoli PT. Pos Indonesia, dengan pencabutan aturan ini maka membuka peluang bagi JNE. JNE saat ini tinggal menunggu aturan pemerintah yang mengatur soal bisnis ini.

Saat ini JNE didukung oleh lebih dari 1000 karyawan dan tidak kurang dari 1.500 gerai yang tersebar luas di Indonesia. Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan. Layanan terbaik adalah harga mati bagi JNE. Karena itu, sangat wajar kalau JNE punya SDM yang handal. Bahkan departemen HRD mempunyai empat divisi yaitu intelektual (berhubungan dengan pekerjaan), training (bertugas untuk kegiatan outbound dan memberikan training), spiritual (mengatur kegiatan keagamaan), dan fisikal (berhubungan dengan aktivitas kebugaran badan karyawan). Pemimpin perusahaan JNE berkata, “Setiap masa selalu ada tantangannya, tapi kita tetap harus maju menghadapi tantangan itu.”

Profil Perusahaan
Pendiri : H. SOEPRAPTO SUPARNO

Presiden Komisaris : H. SOELASMO
Komisaris            : Hj. NURAINI SOEPRAPTO
R. RUSMADI
HUI MARIAWATI

Presiden Direktur : H. SOEPRAPTO SUPARNO
Direktur Eksekutif : H.M. JOHARI ZEIN
Direktur Keuangan : HUI CHANDRA FIRETA
Direktur Operasional : EDI SANTOSO
Direktur Marketing : MOHAMAD FERIADI

Visi & Misi :
Visi
Perusahaan Rantai Pasok Global Terdepan di Dunia
Misi
Memberi Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan Secara Konsisten.

Nilai-Nilai Dasar   : 
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Visioner

Informasi Umum :
SUMBER DAYA MANUSIA & INFRASTRUKTUR
November 2012
SDM : 5565
Kendaraan : 288 Unit
Jam Operasional
24 Jam

Customs hours:
Rush Handling
Setiap hari : 08:00 – 24:00.

Normal Cargo
Senin – Jumat : 08:30 – 17:00.
Sabtu : 08:30 – 13:00.
Minggu : Tutup.
Perizinan
•    Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) No. 04416/1.824.51
•    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) No. 01.539.710.2-036.000
•    Surat Izin Pengusaha Jasa Titipan (SIPJT) No. 240/SIPJT/DIRJEN/1996
•    Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUPJT) No. B.272/AL.003/KW.IX/99
•    Sertifikat Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) No. 275/WBC.45/KJ-03/PPJK/1997
•    Angka Pengenal Importir-umum (APR-U) No. 090200596
•    Tanda Daftar Perusahaan Perseroan Terbatas (TDPPT) No. 09.02.1.63.07745
•    Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak No. PEM-002 45/WPJ.05/KP 0803/2007
•    Domisili No.281/1.824.03/2009
PENGHARGAAN & KEANGOTAAN
Penghargaan
•    ADIKARYA POS – Tahun 1998
•    ADIKARYA POS – Tahun 2001
•    SATYALANCANA WIRAKARYA – Tahun 2004
•    SUPERBRANDS Indonesia – Tahun 2005
•    ANUGRAH PRODUK ASLI INDONESIA – Tahun 2008
•    SATYALANCANA WIRAKARYA – Tahun 2009
•    Western Union Award – Pertumbuhan Transaksi Tertinggi & Pertumbuhan Penerimaan Tertinggi – Tahun 2010
•    Indonesia Brand Champion 2012 versi MarkPlus Insight kategori Silver Brand Champion of Logistics – 2012
•    Indonesia Brand Champion 2012 versi MarkPlus Insight kategori Bronze Brand Champion of Most Popular Brand dan  Silver Brand Champion of Most Recommended Brand – 2012
Anggota Asosiasi
•    ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia)
•    FIATA (International Federation of Freight Forwarders Associations)
•    IATA (International Air Transport Associations)
•    GAFEKSI (Gabungan Forwarder & Expedisi Indonesia)

Sertifikat
•    ISO 9001 – 2000 – diraih tahun 2004
•    ISO 9001 – 2000 – diraih tahun 2009
•    ISO 9001 – 2008 – diraih tahun 2010

Network Growth
Per Januari 2011
PROVINSI    CABANG    AGEN    SUB-AGEN    GERAI
JAKARTA    16    –    –    309
JAWA    8    15    52     289
SUMATERA    4    8    110    151
KALIMANTAN    3    3    45    37
SULAWESI    2    4    28    32
BALI / NTT / NTB    1    2    17    16
PAPUA / MALUKU    –    5    12    1
TOTAL    34    37    264    835

Sumber : http://www.jne.co.id/index.php?mib=pages&id=2008072315125002&lang=IN
http://profil.merdeka.com/indonesia/j/jne/
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012205666/sejarah-jne-tiki-jalur-nugraha-ekakurir-info-wajib-buat-para-pedagang-online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s