Review Jurnal Psikologi Manajemen

Nama : Lia Nurbaiti
Kelas : 3PA08
NPM : 14512188

Judul Jurnal : Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi pada Medical Representatif di Kota Kudus)

Latar Belakang : Kepuasan kerja dirasa oleh medical representatif tidak terlepas dari suatu keadaan yang mengikuti seorang individu, salah satunya yaitu stress. Banyak penelitian mengenai pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja dalam organisasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja salah satunya adalah stres kerja. Penyebab stres dapat dibagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Beban kerja itu sendiri misalnya target yang telah ditetapkan perusahaan merupakan suatu beban kerja yang harus ditanggung oleh para medical representatif. Beban kerja yang dirasa cukup berat dapat berpengaruh pada kondisi fisik dan psikis seseorang.

Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres kerja, beban kerja terhadap kepuasan kerja (studi pada medical representatif dikota kudus)

Hipotesis : Terdapat beban kerja yang berpengaruh secara signifikan terhadap stres kerja dan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja.

Responden : Karyawan medical represenatif dikota kudus

Metode Penelitian : Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui skala. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah beban kerja , variabel intervening adalah stres kerja, dan variabel terikatnya adalah kepuasan kerja medical representatif. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan seara purposive sampling. Pengambilan simpel dilakukan langsung oleh peneliti dirumah sakit, apotik, dan tempat praktek dokter.

Alat Ukur : Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga skala pengukuran yaitu ;
a) skala beban kerja, dengan menggunakan metode NASA TLX, (NASATask load Index)
b) skala stres kerja, dengan indikator yang digunakan oleh Patricia (2006).
c) skala kepuasan kerja dengan indikator kepuasan kerja disusun berdasarkan teori dua faktor Herzberg, yaitu : Motivator Factor dan Hygiene Faktor.

Prosedur Penelitian : Tahap penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 60 kuesioner.

Hasil : hasil uji hipotesis menunjukkan nilai adjusted R2 sebesar 0,0333 ini menunjukkan stres kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 3,3%. Dengan pengaruh yang juga sangat kecil, dapat diartikan bahwa tidak ada bentuk pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja, yang berati semakin tinggi stres kerja, kepuasan kerja yang dirasakan dapat tinggi ataupun rendah. Bagaimanapun juga sebaliknya semakin kecil stres kerja, kepuasan kerja yang dirasakan dapat tinggi ataupun rendah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s