#SIP2_Pengertian Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

Nama : Lia Nurbaiti

NPM : 14512188

Kelas : 4PA08

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian informasi dan sistem informasi psikologi beserta komponen dan fungsinya.
A.    Pengertian Informasi
Secara Etimologi, Kata informasi ini berasal dari kata bahasa Perancis kuno informacion (tahun 1387) mengambil istilah dari bahasa Latin yaitu informatione yang berarti “konsep, ide atau garis besar,”. Informasi ini merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas Aktifitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”,
McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan individu yang menggunakan data tersebut.  
Jogiyanto HM., (1999) juga menyatakan informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Raymond Mc.leod juga menjelaskan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat  ini atau mendatang.
Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data atau hasil yang diperoleh melalui proses yang diolah menjadi bentuk sedemikian rupa yang lebih berguna dan memiliki arti bagi penerimanya dan bermanfaat meningkatkan pengetahuan bagi yang menggunakan data tersebut.
Informasi terdiri dari komponen-komponen, yaitu : Komponen input, Komponen model, Komponen output, Komponen teknologi, Komponen hardware, Komponen software, Komponen basis data dan Komponen kontrol.
Adapula karakteristik informasi yang baik adalah sebagai berikut : Relevan, Tepat waktu, Akurat, Mengurangi ketidakpastian, Mengandung elemen yang baru.
Terdapat fungsi informasi, diantaranya sebagai berikut:
1.    Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengguna,
2.    Mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan,
3.    Menggambarkan keadaan sesuatu hal atau peristiwa yang terjadi.
2. Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.
Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang
menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.
Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri sebagai berikut :
1. Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.
2. Komponen model
Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output
Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
4. Komponen teknologi
Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk
menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5. Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi, ang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebih mudah dikatakan
sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
6. Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7. Komponen basis data
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
8. Komponen kontrol
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, te,peratur, air, debu, kecurangankecurangan, kegagalankegagalan
sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya.

3. Pengertian Psikologi
Kata psikologi dari segi bahasa berasal dari kata psyche yang artinya jiwa dan logos yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi psikologi berarti ilmu pengetahuan tentang jiwa. Walaupun istilah jiwa dipergunakan dalam bahasa sehari-hari, dan dianggap tidak ilmiah. Sedang psikologi bersifat ilmiah. Banyak individu yang menegaskan psikologi sebagai ilmu (Sartain dkk, 1967)
Menurut Windt (dalam Basuki, 2008) psikologi itu merupakan ilmu tentang kesadaran manusia. Dari batasan ini dapat dikemukakan bahwa dalam psikologi, keadaan jiwa direfleksikan dalam kesadaran manusia. Unsur kesadaran merupakan hal yang dipelajari di psikologi.
Plotnik (dalam Basuki, 2008: juga menjelaskan bahwa psikologi merupakan studi yang sistematik dan ilmiah tentang perilaku dan proses mental manusia yang mencangkup bukan hanya aktifitas motorik, melainkan juga aktifitas kognitif, dan emosional.
Jadi psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku baik itu aktifitas motorik, kognitif, maupun emosional manusia secara sadar.
Dari beberapa pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu salah satunya bidang psikologi.

Sumber :
Anonim. Sistem Informasi Psikologi. Diunduh pada
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CB8QFjABahUKEwj7-YXtkrvIAhVYc44KHUwcAiA&url=http%3A%2F%2Fbima.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F3331%2FSISTEM%2BINFORMASI.ppt&usg=AFQjCNHrYnBancOgqBFGv61P2ajejKsChg&bvm=bv.104819420,d.c2E
Anonim. Sistem Informasi. Diunduh pada http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0CCYQFjACahUKEwj80bHd-rvIAhVWBI4KHcThAwA&url=http%3A%2F%2Fapr1l-si.comuf.com%2FSI.pdf&usg=AFQjCNFXFCOD1jSA17HjZWat66HBX6RdmA&bvm=bv.104819420,d.c2E
http://www.definisi-pengertian.com/2015/03/definisi-dan-pengertian-informasi.html diakses pada tanggal 12 oktober
Baasuki, A., M., Heru. (2008). Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s