SIP_Software Pengelola Database

Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas mengenai 3 software pengolah database. Sudah kita ketahui pada zaman sekarang data atau database memiliki peranan sangat penting, hampir semua kegiatan administratif, organisasi dan perkantoran tidak lepas dari peranan database.

Software database adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola struktur database (basis data) serta untuk mengakses data. Perangkat lunak basis data juga biasa disebut dengan sistem manajemen database.

Secara umum, database sendiri adalah sekumpulan data yang tersimpan secara elektronik pada sistem komputer. Secara khusus, database adalah sekumpulan file (dokumen) pada sistem komputer yang saling terhubung. Lalu apa saja jenis-jenis pengolahan database, berikut beberapa soffware pengolah data base :

1. MySQL

index 1

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL dapat pengolah database yang banyak digunakan dan biasa digunakan untuk aplikasi web.

MySQL juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

  • Portability

MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti windows, Linux, FreeBSD, Solaris dan lain-lain.

  • Open Source

MySQL didistribusikan secara open source (gratis), dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan cuma-Cuma.

  • Multi User

MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

  • Performance Tuning

MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

  • Coloumn Types

MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti integer, double, char, text, datedan lain-lain.

  • Command and Function

MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah select danwhere dalam query.

MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.

  • Scability and Limits

MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

  • Connectivity

MySQL dapat melakukan koneksi dengan clients menggunakan protokol TCP/IP, Unix socket (UNIX) atau Named Pipes (NT).

  • Localisation

MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada client  dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meskipun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk didalamnya.

  • Interface

MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemograman dengan menggunakan fungsi API (Aplication Programming Interface).

  • Clients and Tools

MySQL dilengkapi dengan berbagai tools yang dapat digunakan untuk administrasi database dan pada setiap tool yang ada disertakan petunjuk online.

2. Oracle

Oracle Database adalah sebuah Sistem Database yang cukup terkenal, Sistem ini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal. Oracle Databases bersifat komersial dan dikembangkan oleh Oracle Corporation. Oracle terbagi menjadi beberapa varian dengan tujuan dan segmen penggunaan yang bermacam – macam. Sebuah Sistem Basis Data Relational (Relational Database Management System, disingkat RDBMS) seperti ORACLE pada prinsipnya merupakan sistem yang memungkinkan kita untuk:

  • Memasukkan data.
  • Mengelola data.
  • Mengambil data

ORACLE memiliki 3 makna:

  • ORACLE DATABASE SERVER: citra umum bagi sementara masyarakat, merupakan Relational Database yang sangat konsisten sejak di release tahun 1979. Sebagai database, Oracle dapat dijalankan pada Windows maupun Linux. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dibanding dengan SQL Server yang hanya bisa dijalankan dalam Windows.
  • ORACLE sebagai PLATFORM: Sebagai platform, ORACLE memberikan alternatif yang sangat luas. Tidak saja memiliki dukungan terhadap JAVA, tetapi mempunyai solusi PHP dan bahkan mendukung implementasi dotNet Framework dari Microsoft. Selain itu, Oracle juga memiliki berbagai alternatif Aplikasi Siap Pakai.
  • ORACLE Corporation: sebagai Perusahaan Raksasa di bidang IT. Hal ini yang mungkin belum disadari banyak orang (kecuali pengamat/pelaku IT). Perusahaan yang didirikan tahun 1982 sebagai ORACLE Corporation, merupakan pengembangan dari perusahaan Relational Software Inc (RSI) yang sudah merilis Oracle Versi 2. Di tahun 2009 ini, Oracle Corporation sudah dapat disandingkan dengan Raksasa Software Microsoft. Bahkan, bila saja pembelian Sun Microsystem disetujui, Oracle sudah menjadi perusahaan yang memiliki segalanya: Database, Application Platform, Application Software, dan (kalau jadi membeli SUN Microsystem) memiliki Hardware.

3. Microsof access

Aplikasi microsoft access adalah aplikasi untuk pengolahan data. Aplikasasi ini merupakan aplikasi databse yang memungkinkan pengguna untuk melakukan manipulasi data menggunakan fasilitas yang diberikan microsoft access. Sebuah databse dalam program ms access akan terdiri atas sekumpulan data atau informasi yang akan disimpan dalam tabel. Tabel-tabel ini akan terdiri atas baris yang disebut juga dengan record dan kolom. Selain tabel, database dalam ms access juga akan terdiri atas objek yang meliputi query, form, raport, pages, macros dan module.

Logo_Microsoft_Access_2013

Sumber :

Anonim, macam-macam software database. http://www.semukan.com/2015/01/macam-macam-software-database.html diakses tanggal 10 November 2015

Anonim, makalah oracle. http://www.slideshare.net/buleipotan/makalah-oracle

Anonim. Pengertian My SQL. http://www.etunas.com/web/pengertian-mysql.htm diakses tanggal 10 November 2015

Ashari, SE, Akt. (2005). Pemrograman Akuntansi untuk Usaha Dagang Menggunakan Microsof Acess. Jakarta: Gramedia

Robi’in, Bambang. (2002). Mengolah data base dengan SQL pada INTERBASE menggunakan Delphi 6.0. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s