#SIP_Design Sistem Informasi Psikologi

Perkembangan masa kini sangat pesat, kemajuan teknologi semakin berkembang dengan baik. keinginan akan pengetahuanpun semakin bertambah, kemudahanpun semakin didapat. Keinginan mengetahui tentang kepribadian diri sendiri secara umum dengan sistem yang mudah diakses kapanpun dan dimanapun menjadi minat tersendiri oleh masyarakat, selain mudah, sederhana, dan waktu yang dibutuhkan hanya sedikit.

 

sistem ini dibuat dengan nama “Tes Psikologi Online”

Saya akan menjelaskan cara kerja sistem tes psikologi online ini :

Sistem tes psikologi online ini saya buat agar users bisa mengaksesnya dengan mudah dimana saja dan kapan saja karena tes ini bersifat online. Tes ini sangat sederhana, dengan beberapa pertanyaan yang diberikan, users dapat mengetahui gambaran kepribadian secara umum tentang dirinya. Selain tesnya mudah, hasil yang didapatkan pun bersifat pribadi jadi dikirim langsung ke email users setelah selesai mengerjakan tes psikologi online ini.

Berikut adalah rancangan dari sistem pakar “Tes Psikologi Online

DESAIN.png

  1. Admin adalah orang yang bertugas untuk mengontrol selama users mengakses sistem tes psikologi online tersebut, tugas admin nantinya akan mengecek jawaban dari users dan mengirim hasilnya melalui email users.
  2. Sedangkan users adalah orang yang menggunakan jasa tes psikologi online.
  3. Pertama users harus melakukan login terlebih dahulu untuk dapat melakukan tes psikolgi online tersebut, lalu users akan diberikan pertanyaan-pertanyaan dengan pilihan satu jawaban
  4. Setelah users menjawab semua pertanyaan, lalu users dapat mengirim hasilnya dan dapat melogout tesnya.
  5. Setelah itu admin langsung mengecek dan memberikan hasilnya melalui email users.
  6. Setelah itu users langsung dapat melihat hasil tes psikologi online yang diterimanya melalui email.

 

Pengertian kepribadian itu sendiri adalah :

Menurut Koswara (1991), kepribadian adalah bagaimana individu manampilkan dan menimbulkan kesan sehari-hari.

Maramis (1999) juga menjelaskan kepribadian adalah keseluruhan pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang sering digunakan oleh seseorang dalam usaha adaptasi yang terus menerus terhadap dirinya.

Sedangkan menurut Allport (1937) kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem-sistem psikofisis didalam idividu yang menentukan penyesuaian yang khas terhadap lingkungannya.

Jenis-jenis kepribadian manusia

Manusia memiliki beberapa macam atau jenis kepribadian antara lain sebagai berikut:

  1. Introvert (Introversion) 

Introvert atau interoversion adalah kepribadian manusia yang mengutamakan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia dengan sifat atau jenis kepribadian introvert adalah cenderung menutup diri dari kehidupan luar yang lebih senang berada di kesunyian atua kondisi tenang, dari pada tempat yang banyak orang.

  1. Extrovert (Extraversion) 

Extrovert atau Extraversion adalah kepribadian manusia yang mengutamakan dunia luar manusia tersebut. Extrovert merupakan kebalikan dari introvert. Jadi manusia dengan sifat atau jenis kepribadian extrovert adalah kepribadian yang cenderung membuka diri dengan kehidupan luar yang lebih beraktivitas dan lebih sedikit berpikir serta orang yang senang berada di keramaian atau kondisi yang terdapat banyak orang, dari pada di tempat yang sunyi.

  1. Ambievert (Ambiversion) 

Ambievert atau Ambiversion adalah kepribadian manusia yang dapat berubah-ubah dari introver menjadi extrovert atau sebaliknya. Ambiever merupakan kepribadian manusia dengan dua kepribadian yaitu introvert dan extrovert. Mempunyai kepribadian ambievert yang dapat dibilang baik karena manusia tersebut bersifat fleksibel untuk beraktivitas sebagai introvert mapun extrovert serta berinteraksi dengan introvert dan extrovert dengan baik. Ambievert sering terlihat moody, karena sifat yang sering berubah-ubah.

 

Referensi :

Drs. Sunaryo., M.Kes. (2002). Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC.

Idianto Muin. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X, Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga. Hal: 128-134.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s